Hiiiii !

JANGAN PERNAH BERHENTI BERMIMPI, SELAMA MASIH TERUS BERUSAHA DAN BERDOA

LuV
Esti F Setiawan

Rahasia Kesuksesan Warren Buffet


Kesabaran, kesederhanaan, keikhlasan berbagi adalah rahasia kesuksesan Warren Buffett



Berikut Kutipan Bijak dari LAO TZU :)

“Saya memiliki tiga harta. Jaga dan peliharalah: cinta yang dalam, kesederhanaan, ketidakberanian merenungkan dunia. Dengan cinta yang dalam seseorang akan jadi pemberani. Dengan kesederhanaan, seseorang akan menjadi dermawan. Dengan ketidakberanian memenangkan dunia, seseorang akan menjadi pemimpin dunia”.

Warren Buffett adalah salah satu orang terkaya didunia, yang berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Dilahirkan di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930. Sejak kecil Buffett sudah mengasah, kemampuan finansialnya, Dia fokus menciptakan nilai tambah bagi yang lain. Buffett kecil tumbuh menjadi anak yang rajin, cerdas membagi waktu, suka bekerja keras, dan fokus.

Berbagai  pekerjaan dilakukan oleh Buffett kecil, sebagai loper koran ataupun sebagai pencari bola yang hilang dilapangan golf, kemudian Buffett menjual bola bola tersebut dengan harga murah kepada pemain golf. Walaupun hanya bermodal tenaga dan pikiran, hasil dari pekerjaan Buffett tersebut cukup lumayan bagi Buffett kecil. Uang tersebut dikumpulkan lalu dipakai untuk membeli saham 3 unit cities service preffered dengan harga US$ 38,25 per saham, tapi diawal investasinya ini, Buffett mengalami kekecewaan, ternyata harga saham turun,  beruntung Buffett tidak segera menjual, tapi dia “BERSABAR MENUNGGU”, hingga akhirnya harga saham tersebut naik, barulah Buffett menjualnya. Dan ternyata setelah sahamnya dijual, harga saham tersebut mengalami kenaikan yang berlipat-lipat, ada rasa penyesalan, tapi Buffett tidak ingin larut dalam penyesalan tersebut. Kejadian itu, memberikan  pelajaran berharga bagi perjalanan karier Buffett.



Sejak saat itu Buffett rajin melakukan investasi, Buffett bahkan sudah mulai berinvestasi tanah sejak usia SMA, tanah tersebut lalu disewakan kepada petani lain. Buffett sering melakukan jual beli perusahaan. Perusahaan yang hampir bangkrut, dibeli lalu diperbaiki dan dijual lagi, sehingga harga saham perusahaannya meningkat terus dipasar modal. Membuka perusahaan, Dalam praktek bisnisnya Buffett fokus untuk menciptakan nilai tambah.  Berkat kepiawaiannya dalam berinvestasi , pada tahun 2008, Majalah Forbesmenobatkan Warren Buffett sebagai orang terkaya dunia 2008, dengan total kekayaan US$ 62 miliar (setara Rp 542 triliun), menggeser posisi Bill Gates yang telah 13 kali berturut turut sebagai orang terkay di dunia.

Walaupun memiliki kekayaan berlimpah, Warren Buffett sangat dikenal dengan kesederhanaan dan  keikhlasan  berbagi kepada sesama. Haal ini dibuktikan , dengan menyumbangkan  hartanya sebanyak 85%, kepada yayasan Bill dan Melida Gates, untuk memberantas kemiskinan dan memajukan pendidikan di dunia.
“Saya megenal dua orang yang sangat sukses dan saya tahu apa yang mereka lakukan. Saat itu, saya sadar telah menemukan kendaraan yang tepat untuk mencapai tujuan saya”. Ucapnya.
Jumlah sumbangan amal Buffett tercatat sebagai sumbangan terbesar dalam sejarah Amerika
Untuk anak-anaknya, Warrent Buffett tidak ingin memberikan warisan, Warrent Buffett percaya anak-anaknya akan mencapai sukses bukan karena mengandalkan warisan dari orang tuanya. Ia ingin anak-anaknya mandiri dan sukses karena berusaha sendiri.
Buffett menjelaskan rahasia suksesnya sebgai berikut :
“saya menjadi kaya bukan karena punya tambang emas atau warisan. Tapi semua itu lahir karena kerja keras dan keterampilan yang benar di tempat yang tepat pada waktu yang tepat pula,” kenangnya.
“Bukan hal rasional dan benar untuk membanjiri mereka dengan uang. Kalau anda melakukan itu, mereka akan menjadi besar kepala dan hanya mengandalkan warisan dari orang tuanya” kata Buffett.

Dibawah ini adalah  pembelajaran yang kita petik, hasil wawancara yang pernah dilakukan Warren Buffett dengan CNBC:
Di usia 11 tahun, warrent buffet membeli saham untuk pertama kali, dan ada rasa penyesalan, kenapa tidak memulai lebih awal.
Pesan yang disampaikan adalah Anjurkan anak Anda untuk  berinvestasi. (Encourage your children to invest).
Pada usia 14 tahun, dari hasil uang tabungannya, buffet membeli tanah ang kemudian disewakan.

Pesannya adalah : 

Pesan : Dorong Anak Anda untuk mulai belajar berbisnis (Encourage your children to start some kind of business).
Walaupun Buffett permah menjadi orang terkaya, tapi kehidupannya sangat sederhana. Rumahnya saat ini, adalah rumah yang dibelinya 50 tahun yang lalu, rumah yang sangat sederhana, hanya memiliki 3 kamar, yang  berukuran  kecil, jauh dari kesan kemewahan.
Ia berkata bahwa ia mempunyai segala yang ia butuhkan dalam rumah itu.

Pesan : Jangan membeli apa yang tidak dibutuhkan, dan dorong Anak Anda berbuat yang sama. (Don’t buy more than what you “really need” and encourage your children to do and think the same).
Tidak mempunyai sopir pribadi ataupun pengawal keamanana, jika berpergian Buffett mengemudikan sendiri.
Pesan : Jadilah apa adanya (You are what you are)

Warren Buffett memiliki perusahaan yang membuat kapal jet pribadi, walaupun demikian dia tidak menyukai bepergian dengan pesawat pribadi.
Pesan : Berhematlah (Always think how you can accomplish things economically).

Buffet memiliki 63 anak perusahaan,  tapi wrrent buffet jarang terlibat rapat dengan mereka, setiap tahunnya menulis surat kepada seluruh CEO nya, guna menuliskan target target yang diharus dicapai.
Pesan : Tugaskan pekerjaan kepada orang yang tepat (Assign the right people to the right jobs).
Dua peraturan Warren Buffett terhadap CEOnya :
peraturan nomor satu adalah : Jangan pernah sekalipun menghabiskan uang para pemilik saham.

Peraturan nomor dua : Jika anda  lupa, kembalilah ke peraturan nomor satu.Pesan : Buat Tujuan yang jelas dan yakinkan mereka untuk fokus ke tujuan. (Set goals and make sure people focus on them).

Jika ada waktu luang  warrant buffet, lebih senang berada dirumah, daripada bersosialisasi dengan masyarakat kalangan kelas atas
.
Pesan : Jangan Pamer, Jadilah diri sendiri & nikmati apa yang kamu lakukan (Don’t try to show off, just be your self and do what you enjoy doing).

Pada saat pertama kali bertemu dengan warrent buffet, bill gates hanyamengatur waktu 30 menit. 
Ternyata setelah bertemu, Bill Gates sangat tertarik dengan Warrent Buffett,  hingga menghabiskan waktu selama 30 menit.
Untuk generasi muda, Warren Buffett menyarankan agar :
Berinvestasilah untuk diri anda, karena Uang tidak menciptakan orang tetapi oranglah yang menciptakan uang.
Banyak orang yang beranggapan, bahwa investasi hanya dilakukan pada usia tua, sehingga pada masa muda, mereka berfoya foya.
Uang sesungguhnya tidak mempunyai arti, samapi manusia yang memberi arti. Maka pastikan, bukan anda yang dikendalikan oleh uang. Tapi uanglah yang Anda kendalikan.
Berikut nasehat bijak mahatma gandi: “Berapapun uang selalu cukup bagi yang  kaum yang berkekurangan, tetapi uang  tidak pertnah cukup bagi mereka yang tamak.”

Hiduplah secara sederhana

Nasehat ini mengandung makna yang mendalam, kesederhanann tidaklah sama dengan kekurangan atau kemiskinan, tapi kesederhanann lahir dari kemampuan mengendalikan hawa nafsu. Kederhanaan mengantarkan kita kepada kebijaksanaan dan kebahagiaan.
Jangan selalu lakukan apa yang orang lain katakan, dengarkanlah mereka, namun lakukan apa yang menurut Anda baik.
Pendengar yang berbahagia, Manusia diciptakan, untuk menjadi pemimpin, setidaknya bagi diri sendiri. Manusia mempunyai potensi keberhasilan  dan mempunyai kebebasan 100%, untuk memilih, menjalani, dan menerima tanggungjawab penuh atas tindakannya”, jangan biarkan diri anda dipengaruhi oleh lingkungan anda, kecuali hanya untuk kebaikan dan pertumbuhan diri anda kearah yang positif.   Jika anda ingin melakukan apapun , lakukanlah karena anda mencintai hal tersebut. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksakan anda, menyakiti anda, mempengaruhi anda,  kecuali jika anda mengijinkan.
Oprah Winfrey menuturkan:

kelilingi diri anda hanya dengan orang orang yang akan mengangkat anda lebih tinggi”.

Jangan memaksakan diri untuk memiliki barang-barang bermerk, pakailah apa yang sekiranya nyaman bagi Anda.
Pendengar yang berbahagia, pada  saat membeli barang, fokuslah pada fungsi dan kenyamanannya.  Pastikan keputusan anda membeli karena keperluan bukan karena gaya hidup. Pililah  lingkungan  dan sahabat  yang mendorong kemajuan  kualitas hidup anda, bukan yang menjebak anda untuk mengikuti  gaya hidup.
Jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting. Hindari barang barang yang konsumtif, bijak berbelanja hanya karena kebutuhan, bukan karena emosi.
Dengan uangAnda bisa membeli rumah, tetapi tidak bisa membeli tempat tinggal.
Anda bisa membeli jam, tetapi tidak bisa membeli waktu.
Anda bisa membeli tempat tidur, tetapi tidak bisa membeli tidur pulas
.
Dengan uangAnda bisa membeli buku, tetapi tidak bisa membeli pengetahuan & kebijaksanaan
Anda bisa mendapatkan kedudukan, tetapi tidak bisa membeli kehormatan.
Dengan uang, Anda bisa membeli darah, tetapi tidak bisa membeli kehidupan. Maka temukan kebahagiaan didalam diri Anda..
Kebahagian kita yang terbesar, menurut thomas jefferson:

tidak tergantung pada kondisi hidup di mana kita secara kebetulan berada, melainkan selalu disebabkan oleh hati nurani yang suci murni, kesehatan yang baik, pekerjaan dan kebebasan untuk mengejar tujuan dengan jalan yang sah”.

Temans, Warrent Buffett sudah  puas dengan kehidupan yang dijalaninya. Kisah hidupnya sangat menginpirasi yah? dan membengkitkan semangat untuk selalu berbagi. Seruju kan ???

Semoga bergunaaa :)
LuV
Esti F Setiawan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Coba Mulai Bisnis Internet? Boleh Pilih Salah Satu Berikut :D

Software Iklan Baris Massal
Software Iklan Baris Massal

Jadi Reseller Produk Produk Jualanku :)

Jadi Reseller Produk Produk Jualanku :)
Semua Produk

Single TShirt 'Top Design'

Couple TShirt